Jumat, 16 Juli 2010

Kisi - kisi UAS Jarkom II

kisi - kisi UAS Jarkom II
  1. jelaskan maksud/pengertian router, routing protocol dan routed protocol dan sebutkan macam-macam routing protocol yang anda ketahui...?
  2. jelaskan perbedaan yang signifikan antara routing  static dan routing dinamis (bukan hanya konfigurasi ip networknya)...?
  3. jelaskan masing-masing tahapan dalam merekayasa sistem jarkom yang sesuai dengan metode rekayasa sistem jarkom...?
  4. jelaskan contoh 5 layanan utama yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider) bagi perusahaan kecil dan menengah..?
update : nie Jawabane tuk temen - temen


1.    Routing adalah suatu metode bagi router meneruskan pesan ketujuan yang benar.

a.    Router adalah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protocol tujuh-lapis OSI.

b.    Routing protocol merupakan Protokol-protokol yang digunakan untuk merawat routing table pada router-router.
*    Contoh dari routing protocol diantaranya OSPF, RIP, BGP, IGRP, dan EIGRP

c.    Routed protocol  digunakan untuk trafik user langsung. Routed protocol menyediakan informasi yang cukup dalam layer address jaringannya untuk melewatkan paket yang akan diteruskan dari satu host ke host yang lain berdasarkan alamatnya.
*    Contoh :Internet Protocol (IP) dan Internetwork Packet Exchange (IPX)

d.    Macam-macam Routing protocol
*    RIP – menggunakan protokol routing interior dengan algoritma distance vector
*    IGRP – menggunakan protokol routing interior dengan algoritma Cisco distance vector
*    OSPF – menggunakan protokol routing interior dengan algoritma link-state
*    EIGRP – menggunakan protokol routing interior dengan algoritma advanced Cisco distance vector
*    BGP – menggunakan protokol routing eksterior dengan algoritma distance vector

2.    Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
a.    static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
b.    dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

3.    Phase 1: Requirements Gathering (Pengumpulan Informasi Kebutuhan)
Teknik pengumpulan informasi  yang paling akurat adalah dengan mengadakan site visit atau mengunjungi tempat dimana system jaringan computer akan dibangun. 
Selain pengembang dapat melihat secara langsung lokasi dimana system jaringan computer tersebut akan ditempatkan, di dalam kegiatan ini juga dilakukan wawacara mengenai kebutuhan pengguna.

4.    Macam-macam 5 layanan utama yang disediakan ISP (internet service provider) bagi perusahaan kecil menengah?

•    DIAL-UP
Dial-up adalah koneksi ISP menggunakan modem dan jalur telepon. Ini adalah yang paling umum. Namun sudah mulai ditinggalkan. Kecepatannya paling tinggi hanya 56 kbps. Tarifnyapun tidak bias dibilang murah. Contohnya telkomnet Instan yang memberikan tarif Rp.165/menit, atau Rp.9900 perjamnya.

•    DSL ( Digital Subscrible Line)
Koneksi tipe ini sangat popular. Dengan menggunakan jalur telepon rumah seperti dial-up, tapi dengan kecepatan yang lebih cepat. Salah satu penyedia akses internet via DSL di Indonesia adalah Telkom, dengan produksinya yang cukup popular yaitu “ Speedy “. Untuk melakukan koneksi ini kita harus memiliki jalur telepon biasa dan modem, dan sebuah alat untuk memisahkan suara ke pesawat telepon dan data ke Modem ADSL, alat ini disebut dengan “mircofilter atau spliter “.

•    ISDN ( Integrated Services Digital Network)
Merupakan system tranmisi digital melewati kabel telepon. Pada koneksi ini tidak digunakan modem, melainkan sebuah adapter ISDN. Adapter initer pasang pada kedua sisi ,yaitu pada pelanggan dan ISP. Adapter ISDN dapat mengambil data dari internet dengan kecepatan tinggi (lebih dari 128 kbps). Jenis koneksi ini kurang pupoler di Indonesia.

•    TV KABEL
Kalau kita sudah menjadi pelanggan TV Kabel, pihak penyedia layanan TV Kabel mungkin juga akan menawarkan layanan akses internet, dengan biaya tambahan. Kecepatan yang diperoleh dari koneksi TV kabel berkisar antara 512 kbps hingga 20 Mbps. Harga yang ditawarkan adalah berdasarkan besarnya koneksi antara lain Rp.350.000 – 500.000 untuk personal atau mencapai Rp.1500.000, untuk perlanggan SOHO.

•    SATELIT
Koneksi jenis ini memanfaatkan satelit yang biasa digunakan untuk mentransmisikan siaran televise sebagai media saluran internet. Komunikasi satelit biasanya digunakan untuk lokasi-lokasi tertentu yang tidak terjangkau oleh kabel, baik analog / digital maupun fiberoptic. Kecepatan yang diperoleh dari koneksi ini atas 6 Mbps, dan biaya pemanfaatannya sangat mahal.
Kelemahannya koneksi ini adanya keterlambatan tranmisi yang disebutlatency karenasinyal yang dikirimkan lewat satelit membutuhkan perjalanan. Hal ini biasanya dapat kita rasakan pada saat mengakses atau bermain pada layanan games online. Selain itu cuaca buruk juga dapat berdampak pada spenerima sinyal kita.

•    WIRELESS
Saat ini layanan internet wireless sedang popular di Indonesia. Menggunakan wireless radio cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan layanan internet cepat tanpa kerepotan kabel. Biasanya ISP yang menyediakan ini karena mereka dapat menyediakan koneksi internet cukup murah tanpa adanya pihak ketiga seperti DSL dan Cabel.
Anda membutuhkan sebuah wireless radio dan antena yang memadai. Harga untuk keneksi type ini sangat bervariasi .untuk personal umumnya sekitar 200-500 ribu sampai 1 juta. Akses yang diberikan juga beragam ada limited perjam/menitada yang unlimited tanpa batas perbulan.

•    GPRS / 3G
Koneksi type ini juga bias dibilang wireless, yaitu dengan menumpang jalur operator seluler, koneksi tipe ini dapat memberikan layanan internet yang cukup memadai bagi pemakai rumahan dan mereka yang sering berpergian. Dengan bermodalkan laptop dan handphonen 3G atau modem 3G, anda bias mengakses internet dari manasaja, kapanpun dari mana saja, kapan pun kita mau. Harga yang ditawarkan untuk layanan GPRS unlimited berkisar 275 hingga 350 ribu rupiah perbulannya. Untuk layanan 3G sangat variatif dan umumnya dihitung berdasarkan quota (pemakainya).

•    T1
Layanan T1 ini adalah kita menggunakan internet dikantor sangat besar, seperti untuk memiliki data center, jenis koneksi ini sangat mahal, yaitu berlanggan kesuatu ISP. ISP akan memberikan layanan ini, biasanya dengan masa pakai berdasar kontrak tahunan, ISP akan  menjaga koneksi dan menerima komplin dari kita. Untuk dapat berlangganan dari ISP dapat kita cari di internet atau memang sudah ada di daerah kita.

update download : mungkin temen - temen yang tidak sempet cari bisa menuju ke server1 atau server2

0 Komentar Teman - Teman:

Posting Komentar

Kawan berilah sedikit komentar untuk memberi smangat kepada Admin, dan jika temen-temen mau copas posting sekiranya untuk mencantumkan sumber dari blog ini, contoh : Blog'e Cah TI Malem '08

Template by:

Free Blog Templates

SELAMAT DATANG DI .: BLOG'e CAH TI MALEM '08 :. | TEMPAT BERBAGI MATERI KUIAH dan SEDIKIT ILMU PENGETAHUAN | SMS TANPA MODAL MONGGO KE SMS GRATIEZ BROW | TAMPILAN TEMPLATE MAXIMAL DI MOZILLA FIREFOX 4.0 | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN TEMEN - TEMEN SEMUANYA | DO'Anya YA KAWAN SEMOGA SEKRIPSI KAMI LANCAR DAN DAPAT SELESAI DALAM SATU SEMESTER KEDEPAN