Minggu, 14 Februari 2010

Kuliner Khas Rembang

Nie buat temen - temen pecinta masakan khas daerah dan yang mau ber libur ke daerah Rembang atau pun hanya melewatinya, kami kasih tau bocoran tentang masakan khas daerah kami, diantaranya sebagai berikut :

Sate Serepeh
Sate ayam kampung yang bumbunya terdiri dari cabe merah, gula merah, santan dan garam.

Mangut
Ikan panggang dengan bumbu cabe hijau, bawang merah, putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, kencur, dun jeruk, kunir, garam dan santan kental.

Kelo Mrico
Ikan laut segar dengan bumbu cabe, merico, kemiri, daun jeruk, asem/brimbing wuluh bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, daun salam, garam dan air, lebih jos dicampur dengan buah papaya muda. Lokasinya berada di dekat TPI Rembang "Warung Bu Wadji"

Petis Bumbon
Petis ikan/ udang, telur rebus/ceplok, langsung dimasak dengan bumbu cabe, bawang putih, bawang merah, kunci, lengkuas, daun jeruk purut, garam dan ditambah santan kental.
Image Lontong Tuyuhan
Lontong dengan opor ayam kampung pedas khas desa Tuyuhan., dengan bumbu bawang merah/ putih, kemiri tumbar., merica, lengkuas, kencur, garam, cabe, daun salam dan santan. Lokasinya sulit tuk dijelaskan karena posisinya berada di pinggir kota, dari Pertigaan Clangapan (Rembang) belok kanan dan ngikuti jl tersebut kira2 30 menit.


Pindang Tempe
Tempe dipotong dadu(menurut selera) dengan irisan cabe, bawang merah, bawang  Putih, lengkuas, blimbing wuluh/tomat.asem,garam kemudian ditambah air, langsung direbus sampai mateng.

Urap Latoh
Latoh segar ( sejenis rumpul laut berbentuk bulat warna hijau) dibumbui dengan Bumbu cabe, terasi,kencur, bawang putih, daun jeruk, dicampur kelapa parut ( tanpa garam) karena latoh sudah terasa asin. Kadang kalau suka ditambah dengan daging ikan panggang dan kecambah. Wouw seger.

Dumbeg
Dibuat dari tepung beras, gula pasir/gula aren dan ditambahkan garam, air nira (legen) dan kalau suka  ditaburi buah nangka/kelapa muda  yang dipotong  sebesar dadu. Kemudian tempatnya dari daun lontar (pohon nira) berbentuk kerucut dengan bau yang khas.

Jenang Waluh
Dibuat dari buah waluh, gula aren, air nira dan garam, yang rasnya sangat manis. Dan biasanya dimakan dengan jadah.

Jadah
Terbuat dari beras ketan putih, kelapa muda , garam yang ditu,buk halus (sewaktu masih panas) diatas keranjang yang terbuat dari daun lontar/daun kelapa muda dan alat tumbuknya juga  dilapis dengan daun lontar dan daun kelapa. Rasanya sangat gurih, kemudian dicetak persegi dan dibungkus dengan daun pisang (seperti  lemper). Biasanya makan dimakan bersama  dengn jenang waluh.

Kaoya Dudul
Terbuat dari beras ketan , kacang hijau , gula aren/gula pasir dan garam. Tempatnya dari daun lontar berlubang bulat kecil sebanyak 6 buah, kalau makan tinggal didudul (ditekan) saja.   

Kerupuk Bakar
Kerupuk udang dan  tengiri  dari kota Rembang yang dioven/ dibakar.

Kacang Atom
Terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka, kacang tanah, garam, bawang putih dan air yang dicetak bulat-bulat kecil dan digoreng.

Gula Semut
Terbuat dari air nira (legen) dengan proses pemanasan, sehingga hasinya seperti gula pasir/gula halus yang berwarna coklat.

Terasi/ Petis Bonang
Terbuat dari udang/ikan segar dengan proses pemanasan.

Sirop/Limun Kawista dan Siwalan
Dengan campuran utama buah kawista/siwalan, gula dan air dengan bau dan rasa khas.

Legen Siwalan
Air pohon Siwalan/Nira baik yang sudah direbus maupun belum dengan dikemas bumbung (gelas bambu), juga bisa dibuat tuak dan campuran berbagai makanan/jajanan

Jongkong
Dibuat dari tepung beras, gula pasir, air londo/ merang dibakar (warna hitam), dimakan dengan kelapa parut(muda).
untuk keterangan lebih lanjut temen - temen bisa liat di link berikut :

0 Komentar Teman - Teman:

Posting Komentar

Kawan berilah sedikit komentar untuk memberi smangat kepada Admin, dan jika temen-temen mau copas posting sekiranya untuk mencantumkan sumber dari blog ini, contoh : Blog'e Cah TI Malem '08

Template by:

Free Blog Templates

SELAMAT DATANG DI .: BLOG'e CAH TI MALEM '08 :. | TEMPAT BERBAGI MATERI KUIAH dan SEDIKIT ILMU PENGETAHUAN | SMS TANPA MODAL MONGGO KE SMS GRATIEZ BROW | TAMPILAN TEMPLATE MAXIMAL DI MOZILLA FIREFOX 4.0 | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN TEMEN - TEMEN SEMUANYA | DO'Anya YA KAWAN SEMOGA SEKRIPSI KAMI LANCAR DAN DAPAT SELESAI DALAM SATU SEMESTER KEDEPAN